Pelatihan Social Media Marketing Bagi UKM Petani Bunga Desa Sidomulyo Kota Batu
Septyan Budy Cahya, Raya Sulistyowati, Veni Rafida, Erta ., Nur Qomariyah Nawafilah
Abstract
Kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat memberi banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat salah satunya dalam bidang pemasaran dan bisnis dari konvensional ke digital. Pemasaran digital yang popular dan banyak digunakan saat ini adalah social media marketing. Akan tetapi belum semua pelaku usaha bisa memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada sebagai penunjang dalam kegiatan pemasaran. Salah satunya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh UKM petani bunga di Desa Sidomulyo. Solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh mitra adalah dengan memberikan pelatihan social media marketing. Tahapan pelaksanaan terdiri dari koordinasi dengan mitra, penyusunan modul pelatihan, pelatihan, pendampingan dan review hasil, serta evaluasi dan refleksi. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarkat yang sudah dilaksanakan dirasa bermanfaat bagi mitra, dimana dari segi kompetensi pengetahuan yang didapat setelah kegiatan, 86% peserta memberikan respon sangat setuju, dan 14% menjawab setuju. Para peserta mengharapkan adanya kegiatan seperti ini lagi, dimana ada kelanjutan kegiatan pelatihan mengenai bisnis online khususnya dalam pemasaran melalui media sosial.
Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business.
Amir, Nur Ocvanny & Mustikawati, Dewi (2019). Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Bunga di Desa Sidomulyo Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.3
Rahma, Pamela Dinar & P, Rifky Aldila (2017). Identifikasi Potensi & Masalah Desa Sidomulyo Sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata Di Kota Batu. Jurnal Reka Buana Volume 2 No 1