Pendampingan Jama’ah Yasinta dan Pengajian Nurul Hidayah melalui Mauidloh Hasanah untuk Mengubah Mindset Konservatif Warga Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban

Rinwanto Rinwanto, Malia Fransisca

Abstract


YASINTA dan Pengajian Nurul Hidayah merupakan organisasi keagamaan yang rutin dilakukan oleh warga Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban tiap satu minggu sekali. Mayoritas jama’ah YASINTA dan Pengajian Nurul Hidayah adalah warga Desa Jegulo RT. 14 yang sudah berusia di atas 45 tahun. Hal ini berdampak pada pelaksanaan kegiatan rutin tersebut hanya sebatas melanjutkan aktifitas warisan warga terdahulu, tanpa adanya pemikiran-pemikiran untuk mengadakan kegiatan baru yang inovatif dan inspiratif. Oleh karena itu, peneliti menganggap perlu adanya pendampingan supaya kegiatan rutinan tersebut lebih bermakna. Penelitian pengabdian ini menggunakan metode PRA (Participatory Rural Appraisal) dengan pendekatan mauidloh hasanah. Dalam hal ini, peneliti bekerja sama dengan beberapa pengurus YASINTA dan Pengajian Nurul Hidayah untuk mengagendakan kegiatan yang mampu menambah wawasan keagamaan warga Desa Jegulo dengan mengundang orang yang ahli dalam bidangnya yaitu kyai atau ustadh untuk memberikan taushiyah setiap satu minggu sekali. Hasil dari penelitian pengabdian ini adalah setelah adanya stimulus keagamaan melalui mauidloh hasanah, 75% warga Desa Jegulo mengubah mindsetnya menjadi lebih baik. Warga Desa Jegulo RT. 14 berlomba-lomba dalam kebaikan seperti semangat bergotong royong, bersikap lebih terbuka dan memiliki wawasan yang luas juga modern.


Keywords


Organisasi Keagamaan; Mauidloh Hasanah; Pola Pikir

References


Burhanudin, Ilham. Tesis: Perubahan Mindset Guru PAI dalam Mengembangkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2018.

Effendy, S. Meningkatkan Performance BUMD dengan Semangat Corporatization dan Aliansi Strategis serta Transformasi Mindset. JRAB: Jurnal Riset Akutansi dan Bisnis. Vol. 15. No. 1. Maret. 2017

Hartanti, Yuli. Skripsi: Pengaruh Mindset terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. 2009.

Wahyuni, Sri. Tesis: Teori Keberhasilan - Kegagalan Pendampingan Anak Jalanan. Universitas Negeri Malang. 2009.

Sumber Wawancara

Juarno, Wawancara Tokoh Agama, di Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban pada tanggal 12 Agustus 2020.

Maulan, Wawancara Tokoh Masyarakat, di Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban pada tanggal 09 Agustus 2020.

Muhammad Lantip, Wawancara Ketua RT. 14, di Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban pada tanggal 16 Agustus 2020.

Syakur, Wawancara Tokoh Masyarakat, di Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban pada tanggal 15 Agustus 2020.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v3i02.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id