Pengembangan Website E-Commerce sebagai Sarana Promosi pada UMKM “Sehati Kopi”

Masruroh Masruroh, M. Kharis Rizki Mubarok, M. Rosidi Zamroni, Mochammad Solikhin

Abstract


Ketatnya persaingan dalam dunia usaha terutama yang dialami oleh UMKM menjadikan pemilik UMKM harus berusaha keras untuk mendapatkan animo pembeli, apalagi untuk UMKM yang baru saja berdiri. Hal tersebut dialami oleh pemilik UMKM Sehati Kopi. Terlebih saat ini di mana teknologi informasi digital berkembang dengan pesat serta sasaran pembeli UMKM yang sebagian besar adalah anak muda menjadikan pemilik UMKM “Sehati Kopi” merasa perlu meningkatkan animo pembeli melalui pemanfaatan media digital seperti website e-commerce. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membantu pemilik UMKM melalui integrasi hasil pendidikan dan penelitian di lingkungan Universitas Islam Lamongan. Objek yang dijadikan sasaran dalam kegiatan ini adalah UMKM “Sehati Kopi” yang terletak di Jl. Deket-Dinoyo, Sugihearas, Lamongan. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih enam bulan dengan tahapan observasi objek, analisis kebutuhan pengguna dan sistem, perancangan sistem, implementasi dan uji coba sistem, serta tahapan penilaian system usability melalui uji coba pengguna.  Telah berhasil dibuat website e-commerce sebagai media promosi bagi UMKM “Sehati Kopi” yang bisa dikunjungi melalui link http://sehatikopi.my.id/ dengan hasil penlaian uji coba pengguna masuk dalam kriteria Acceptable dengan grade C dan adjective rating Good.


Keywords


website, e-commerce; UMKM; Sehati Kopi; animo; pembeli

References


Febriani, S. (2023). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM ES Teh Kampul. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 12-22.

Nurhaliza, S. N., Novita, Y. N., Riesa, R. M. R., & Sularno, S. (2023). Digital Web Sebagai Strategi Meningkatkan Jual Beli UMKM Sicamer Di Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 93-97.

Mardiani, E., Suhatmojo, G. T., Nurfaizi, K., Perdana, M. R., Putro, P. D. C., Dhema, S. P., & Prasetyo, Y. D. (2023). Mengembangkan Penjualan UMKM Alby Key dengan Web E-Commerce. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 7(3), 383-388.

Lestari, S., & Kurniawan, R. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN WEBSITE DAN MARKETPLACE SEBAGAI PUSAT INFORMASI PROFIL UMKM. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(7), 1327-1336.

Abdillah, M. A., & Sholihah, D. D. (2023). Pemanfaatan digital marketing bagi umkm guna mendukung tercapainya sdgs desa kewirausahaan di Kelurahan Plosokerep Kota Blitar. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(4), 25-32.

Djamereng, A., Hayati, L. N., Siruna, E., Fitriani, S., & Yulinda, N. K. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Website untuk Pemasaran pada UMKM Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(1), 26-33.

Susanti, M. (2017). Pemanfaatan E-Commerce Untuk Mendukung UMKM Dalam Pemasaran. Prosiding SISFOTEK, 1(1), 201-208.

Witjaksono, G. S. B., Putra, A. D. H., Pambudi, A., Fajriyah, D. D., Raja, J. J. L., & Putri, T. A. (2023). Pembuatan Website UMKM Batik Apik Sebagai Media Pemasaran Dan Promosi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(2), 29-35.

Faidati, N. F., & Mutmainah, N. F. (2022). Pembuatan website untuk media promosi produk UMKM. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 3(2), 131-137.

Dewi, N. P. N. C., & Nasution, D. A. D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi UMKM Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar, 1(3), 566-577.

Wahyuni, M., Meliyandani, C. M., Apriliani, Y. A., Riesa, R. M. R., & Sularno, S. (2023). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Produktivitas Umkm Mie Padeh Bunda. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 161-180.

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34-40.

Nopita, M., Purnamasari, S. D., & Yudiastuti, H. (2022). Evaluasi Usability Website SMA PGRI 2 Palembang Menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal Mantik, 6(3), 3299-3307.

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran E-commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(2), 160-170.

Rachmi, H., & Nurwahyuni, S. (2018). Pengujian Usability Lokamedia Website Menggunakan System Usability Scale. Al-khidmah, 1(2), 86-92.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v7i1.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id