Sosialisasi dan Pendampingan Praktisi Mengajar dalam Perkuliahan Kimia Dasar Universitas Bhinneka PGRI
Abstract
Era society 5.0 menuntut seluruh masyarakat untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang Pendidikan. Perkembangan Pendidikan Nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta efesiensi manajemen pendidikan. Salah satunya didukung oleh program praktisi mengajar yang dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan wawasan mahasiswa. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mensosialisasikan dan pendampingan kegiatan perkuliahan yang berolaborasi dengan praktisi mengajar serta memberikan umpan balik dalam aktivitas perkuliahan. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengampu mata kuliah kimia dasar. Metode dalam sosialisasi dan pendampingan ini dilakukan dengan metode perkuliahan online, praktik langsung dengan diskusi. Dalam penelitian ini mahasiswa diberikan projek berupa poster hasil diskusi dengan praktisi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project-based learning and problem-based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100.
Dianastiti, Y., Ariyanto, S., Nugraha, A., & Hadi, B. (2022). Pedang Sampah: Kegiatan Pemilahan Daur Ulang dan Pembentukan Sistem Bank Sampah di Lingkungan Desa Doroampel, Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v1i4.68.
Handayani, N. N. L. (2015). Membangun masyarakat melek sains berkarakter bangsa melalui pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 364–368.
Hira, A., & Anderson, E. (2021). Motivating online learning through project-based learning during the 2020 COVID-19 pandemic. IAFOR Journal of Education, 9(2). https://doi.org/10.22492/ije.9.2.06.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191.
Setyowati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Tekanan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Projectbased Learning (Pjbl) Berbantuan Media Zoom Pada Siswa Kelas Viii.2 Smp Negeri 21 Kota Bekasi Tahun Ajaran 2020-2021. Jurnal Pedagogiana, 9(8). https://doi.org/10.47601/ajp.79.
Situmorang, R. P. (2016). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya Widya, 32(1), 49–56. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56.
Sucilestari, R. & Arizona, K. (2018). Pengaruh Project Based Learning pada Matakuliah Elektronika Dasar terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram. Konstan Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 3 (1), 26-35.
Sumarni, W., Rusilowati, A., & Susilaningsih, E. (2017). Chemical Literacy of Teaching Candidates Studying The Integrated Food Chemistry Ethnosciences Course. Journal of Turkish Science Education (TUSED), 14(3).
Ulva, A. F., Yulisda, D., Putra Fhonna, R., Fitria, R., & Rijal, H. (2023). Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Teknologi Informasi Guru SD IT Al-Alaq Dewantara Aceh Utara dalam Penggunaan Software Microsoft Office. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 665–675. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2545.
DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v7i2.715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing at :
Associated with :
Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Abdimas Berdaya
Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan