PELATIHAN, PENDAMPINGAN DAN PENGUATAN GURU DENGAN KEGIATAN PENULISAN KARYA ILMIAH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM BOGOR
Abstract
Guru sebagai bagian dari insan akademis memiliki kewajiban untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah seperti karya tulis sebagai bentuk pertanggungjawaban keprofesian untuk mengembangkan kompetensi diri. Karya tulis ini harus disusun secara sistematis, sesuai kaidah ilmiah dan bebas plagiat. Namun realita di lapangan masih banyak guru yang belum mampu melaksanakan kewajiban ini dikarenakan berbagai faktor, terutama kemampuan dan motivasi yang rendah. Hal ini sebagaimana terjadi pada guru-guru di Pondok Modern Darussalam Bogor. Temuan permasalahan ini menjadi pendorong diadakannya kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan karya tulis ilmiah, Di samping untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya hasil karya yang dihasilkan guru, mengukur efektivitas serta tingkat keberhasilan metode pelatihan ini. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan berupa audensi dengan mitra, tahap kedua pelaksanaan dengan sesi offline dan online. Pada sesi offline kegiatannya berupa pemberian materi terkait sistematika penulisan karya ilmiah, dilanjutkan dengan pemberian tugas dan pendampingan, sedangkan di sesi online penjelasan tentang cara menerbitkan artikel di sebuah jurnal. Tahap terakhir yaitu evaluasi untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pelatihan ini dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menulis karya tulis ilmiah. Evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil evaluasi dan observasi selama pelaksanaan, kegiatan pelatihan, pendampingan dan penguatan dalam penulisan karya ilmiah ini menunjukkan hasil yang cukup memuaskan yang ditandai adanya peningkatan dari berbagai aspek yang diri para peserta seperti peningkatan kemampuan dan pengetahuan dalam penulisan karya ilmiah, motivasi dan minat yang meningkat serta sebagian besar peserta sudah mampu menulis sebuah artikel dan submit pada sebuah jurnal
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Indriati, Etty. 2023. Menulis Karya Ilmiah; Artikel, Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Riva’i, F. A., Kurniawan, M. A., & Aulia, S. (2024). Assistance in the Formulation and Preparation of the Curriculum at Bimba Rainbow Kids Al-Ghifary Cibungbulang Bogor. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 7(1), 404-416.
Kurniawan, M. A. (2023, December). Implementation of Religious Scientific-Based Curriculum Development at Pesantren Nawesea Yogyakarta. In International Proceeding Annual International Conference Education Research (Vol. 1, No. 1, pp. 109-116).
Safitri, Baiq Rina Amalia. 2021. Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA. Abdi Masyarakat Vol. 3. No. 2. Desember 2021 p-ISSN: 2715-8799 e-ISSN: 2715-9108
Siregar, N. A. dan A. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Yang Berkemajuan, Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona).
Soemanto, Wasty. 2016. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyitno, Imam. 2017. Karya Tulis Ilmiah; Panduan, Teori, Pelatihan, dan Contoh. Bandung: PT Refika Aditama.
Syafar, D., Sidik, F., & Kurniawan, M. A. (2024). MENENTUKAN DAN MENGUKUR STANDAR MUTU PENDIDIKAN (STUDI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA GORONTALO). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 106-119.
Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v7i2.761
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing at :
Associated with :
Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office
Jurnal Abdimas Berdaya
Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan