Pemanfaatan Sampah Anorganik sebagai Media Pembelajaran IPS

Siti Halimatus Sakdiyah, Rahaju Rahaju

Abstract


Guru-guru di SD Islam Al Hikmah terutama mengaku mengalami kesulitan dalam menerapkan K13, selain harus menghabiskan materi yang sudah ditentukan, harus juga berinovasi dalam proses pembelajaran. Bahan sisa dan bahan lokal merupakan unsur kearifan lokal yang bisa dikembangkan menjadi media pembelajaran sederhana, yang penting sesuai dengan tema.  Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Sekolah SD Islam Al Hikmah. Pembelajaran  dengan pendekatan inkuiri jarang dilakukan karena keterbatasan sarana dan tidak adanya alat peraga. Penggunakan media dirasa menyita waktu dan tenaga, sehingga enggan dilakukan. Dari hasil wawancara dengan guru terungkap bahwa mereka juga mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik ini.Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas guru SD Islam Al Hikmah Gadang Malang, agar dapat merancang dan membuat media pembelajaran. Metode yang dipakai dalam pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan, lokakarya dan pendampingan sehingga menghasilkan produk.Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian di SD Islam Al-Hikmah Gadang Malang ini, sebagai berikut : 1) semangat bekerja meningkat, sehingga meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. 2) Adanya suasana kerja yang positif antar guru  saat mengajar di kelas dan  lebih percaya diri. 3) Adanya produkmedia pembelajaranyang dibuat oleh peserta.

 

Kata Kunci: sampah anorganik, media pembelajaran


References


Ahmadi, Iif Khoiru. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group).

Poerwati, L.E dan Sofan Amri. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id