Pendampingan Branding Produk Telur Asin UMKM Desa Sukodermo Melalui Pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC)

Farichatul Fauziyah, Halimatussakdiyah Halimatussakdiyah, Arya Fadhillah Azhar, Irma Soraya

Abstract


Rendahnya strategi branding pada produk telur asin UMKM di Desa Sukodermo mengakibatkan terbatasnya jangkauan pasar dan kurangnya daya saing produk lokal. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan branding pelaku UMKM melalui pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC) dan metode Asset-Based Community Development (ABCD). Kegiatan dilakukan dalam bentuk pendampingan penyusunan elemen branding, seperti perancangan logo, desain kemasan, dan strategi promosi digital. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan citra produk yang lebih profesional, perluasan jangkauan pasar, dan peningkatan penjualan. Pendekatan IMC dinilai efektif dalam mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi, termasuk pemanfaatan Google Maps, media visual, dan promosi langsung. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa inovasi branding berbasis aset lokal dapat memperkuat identitas produk dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi desa secara berkelanjutan.


Keywords


branding, telur asin, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Integrated Marketing Communication, mahasiswa pengabdian masyarakat

References


Abdurrahman. (2024). PENDEKATAN ABCD (ASSET-BASED COMMUNITY DEVELOPMENT)DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Tinta, 6(1), 191–193. https://doi.org/10.18060/25527

Abimata, Y., Kirtyawati, O., Boedirochminarni, A., & Susilowati, D. (2019). Analisis Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Program Satrya Emas Di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), 3(3), 443–453.

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Ardyanti, A., Apriyanti, & Widiyaningrum, S. (2024). PERAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) DALAM UPAYA MEMBANGUN DESA MENGANGKAT POTENSI UMKM LOKAL DESA TEMPURAN. DEVOTE:Jurnal Pengabdian MasyarakatGlobal, 3(3), 144–147.

Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.351

Inayah, T., & Prima, E. (2022). Budidaya Jamur Tiram dan Pengolahannya Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif Desa Beji. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 96–99. https://doi.org/10.32764/abdimasper.v3i2.2881

Muhammad Syaghani, Habibullah Ahmad, & Nurul Hidayat. (2025). Meningkatkan UMKM Melalui Pemasaran Digital (Brand Awareness) di Desa Pasireurih. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–84. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v3i1.1560

Muhrisun. (2022). Bunga RampaiJejak Pengabdian untuk Bangsa:Sebuah Kerja Nyata dari UIN Sunan Kalijaga untuk Indonesia. In T. L. U. S. Kalijaga (Ed.), Suka Press ~ LPPM (1st ed.). Suka Press ~ LPPMUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nadhir Salahuddin, Safriani, A., Ansori, M., Purwati, E., Hanafi, M., Naily, N., Zubaidi, A. N., Safriyani, R., Umam, M. H., Ilaihi, W., Taufiq, A., & Swasono, E. P. (2015). Panduan KKN ABCD (Sulanam (ed.); 2nd ed.). LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pristiansyah, Pranandita, N., Haritsah Amrullah, M., & Hasdiansah. (2023). SOSIALISASI PERSONAL BRANDING DAN DESAIN GRAFIS OLEH MAHASISWA KKN UNIWARA DALAM MENINGKATKAN POTENSI UMKM MASYARAKAT DI KELURAHAN TAPAAN KOTA PASURUAN. SWARNA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 45–49. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/JPMD/article/view/485

Rinaldi Dwi Imani, Hendri Sucipto, Nur Afridah, Muhammad

Syaifulloh, & Slamet bambang Riono. (2024). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Randusanga Wetan. CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02), 17–28. https://doi.org/10.63922/citakarya.v2i02.235

Safitri, E., Lina Auliana, Iwan Sukoco, & Cecep Safaatul Barkah. (2022). Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Jurnal Aplikasi Bisnis, 19(2), 259–267. https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art6

Sari, D., Sugiono, A., & Subagja, G. (2025). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, Dan Public Relations Terhadap Consumer Loyalty Diera Digitalisasi. Jurnal Administrasi Bisnis, 19(1), 25–41. https://doi.org/10.26593/jab.v19i1.7145.25-41

Sholikhah, A., Kamila, E. R., & Muzani, A. (2024). Inovasi Pembuatan dan Pengemasan Telur Asin untuk Peningkatan Keterampilan sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual di Ponpes Nurul Ikhlas. Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1159

Suyadi, Syahdanur, & Susie Suryani. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227

Yingjie, L., & Mustafa, H. (2023). A Review Of Integrated Marketing Communication Theory And Practice Research. Journal of Namibian Studies, 34, 4389–4403.




DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v8i2.1248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing at : 


            

 

Associated with :

 

Creative Commons License

Jurnal Abdimas Berdaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Editorial Office

Jurnal Abdimas Berdaya 

Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

jab@unisla.ac.id